This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Kisah Tabi'in] Kisah Ulat Merah Dan Nabi Daud as

Kisah Ulat Merah Dan Nabi Daud as

kopas99.blogspot.com - Dalam sebuah kitab Imam Al-Ghozali menceritakan pd suatu ketika tatkala Nabi Daud a.s. sedang duduk dlm suraunya sambil membaca kitab Zabur, tiba-tiba dia terpandang dgn seekor ulat merah pd debu. Lalu Beliau berkata pd dirinya, "Apa yg dikehendaki Allah dgn ulat ini?"

Ketika Nabi Daud berkata demikian, maka Allah pun mengizinkan ulat merah itu berkata-kata kepada Nabi Daud a.s.

"Wahai Nabi Allah! Allah SWT. telah mengilhamkan kepadaku untk membaca Subahanallahu walhamdulillah wala ilaaha illallahu wallahu akbar tiap hari sebanyak 1000 kali dan pd malamnya Allah mengilhamkan kepadaku supaya membaca Allahumma sholli 'ala Muhammadin annabiyyil ummiyi wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallim sebanyak 1000 kali."


Setelah ulat merah itu berkata demikian, maka dia pun bertanya kepada Nabi Daud a.s.

"Apakah yg dpt kamu katakan kepadaku agar aku dpt faedah darimu?"


Akhirnya Nabi Daud a.s. menyadari akan kesalahannya karena memandang remeh akan ulat tersebut dan dia sangat takut kepada Allah SWT. maka Nabi Daud a.s. pun bertaubat dan menyerahkan diri kepada Allah SWT.

Begitulah sikap para Nabi apabila mereka menyadari akan kesalahan yg telah mereka lakukan, maka dgn segera bertaubat dan berserah diri kepada Allah SWT.


Kisah-kisah para Nabi bukanlah kita ingat sebagai bahan sejarah, tapi dibalik itu terdapat pelajaran serta hikmah yg terkandung di dalalmya. Oleh itu sudah semestinya kita menteladani, karena bukankah di dlm tiap Rasul dan para Nabi itu terdapat suri teladan yg baik yg dpt kita terapkan dlm kehidaupan sehari-hari?


Allah SWT. berfirman:

"Sesungguhnya telah ada pd (diri) rasulullah itu suri teladan yg baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yg mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yg banyak mengingat Allah." (QS. Al-Ahzab: 21)

Demikianlah Kisah Ulat Merah dan Nabi Daud a.s yg saya ceritakan kembali disini dan semoga bermanfaat buat saya sendiri dan saudara-saudara sekalian.

0 Response to "[Kisah Tabi'in] Kisah Ulat Merah Dan Nabi Daud as"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *