Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor - Knalpot racing / free flow yg marak dijual dipasaran memang banyak jadi incaran pengendara motor. Tak heran kalau produsen knalpot racing semakin menjamur tahun-tahun belakangan. Sadar tak sadar penggantian knalpot standar dgn racing ternyata ada positif negatifnya juga. Apa sajakah itu?
Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor Efek Positif Knalpot Racing Umumnya knalpot racing dibuat tanpa sekat (blong), sehingga aliran gas buang jadi lebih lancar. Efeknya performa motor lebih bertenaga. Tak heran kalau pengujian melalui alat pengukur kecepatan kerap menunjukkan adanya peningkatan power dgn nilai yg bervariatif, mulai dari 0,2 dk hingga diatas 1 dk! Cukup terasa jg efeknya untk pemakaian harian.
Efek Negatif Knalpot Racing Knalpot standar memiliki sekat-sekat di dalamnya. Sekat ni berfungsi ganda. Salah satunya sebagai penahan sisa gas buang agar tak langsung terbuang semua melainkan tertahan sebagian lalu difungsikan sebagai tendangan balik untk menciptakan akselerasi / daya dorong. Efek tendangan balik ni jg membantu klep agar bisa balik ke posisi semula sesaat setelah langkah buang.
Tanpa adanya efek tendangan balik ni membuat mesin jadi lebih cepat panas karena deposit gas masuk dgn buang tak seimbang. Tak heran kalau efek negatif knalpot racing yg sering dikeluhkan rider kebanyakan adlh mesin terasa kering, mesin berteriak, akselerasi agak lemot, dll. Tak jarang kita harus membuka selongsong gas lebih besar untk mendapatkan akselerasi. Efeknya bensin jadi boros. Untuk jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pd piston dan silinder.
Solusi Mengatasi Efek Negatif Knalpot RacingTanpa adanya efek tendangan balik ni membuat mesin jadi lebih cepat panas karena deposit gas masuk dgn buang tak seimbang. Tak heran kalau efek negatif knalpot racing yg sering dikeluhkan rider kebanyakan adlh mesin terasa kering, mesin berteriak, akselerasi agak lemot, dll. Tak jarang kita harus membuka selongsong gas lebih besar untk mendapatkan akselerasi. Efeknya bensin jadi boros. Untuk jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pd piston dan silinder.
Solusi mengatasi efek negatif knalpot racing ni bisa dicoba dgn mensetting ulang spuyer / karburator untk motor karbu. Untuk motor injeksi bisa diakali dgn mensetting ulang udara (co) / dgn penambahan part aftermarket seperti o2 manipulator, piggyback, / ECU.
Dengan settingan yg tepat, bukan saja membuat performa lebih josss.. konsumsi BBM pun jadi lebih irit. Tak perlu membuka selongsong gas terlalu banyak untk mengail akselerasi. Silahkan dibandingkan bro, antara setting dgn tanpa setting :-)
Demikianlah informasi mengenai Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor. Semoga bermanfaat.
Artikel spekmotor lainnya mengenai:
Dengan settingan yg tepat, bukan saja membuat performa lebih josss.. konsumsi BBM pun jadi lebih irit. Tak perlu membuka selongsong gas terlalu banyak untk mengail akselerasi. Silahkan dibandingkan bro, antara setting dgn tanpa setting :-)
Demikianlah informasi mengenai Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor. Semoga bermanfaat.
Artikel spekmotor lainnya mengenai:
- Pengaruh Knalpot Racing Motor dibanding Knalpot Standar Pabrik
- Tips Memilih Knalpot Racing Motor Sebelum Membeli
- Menambah Topspeed Kecepatan Yamaha R15, CBR150R, Vixion, Ninja, dll
source : http://spekmotor.blogspot.com, http://pinterest.com, http://log.viva.co.id
0 Response to "[Suzuki] Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor"
Posting Komentar