This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Ustadz Bodoh] Penjelasan Syeikh Ali Jum’ah Terkait Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

kopas99.blogspot.com - Penjelasan Syeikh Ali Jum’ah Terkait Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Penjelasan Syeikh Ali Jum’ah Terkait Jumlah Rakaat Shalat Tarawih
Salah satu ibadah yg di tuntut dlm bulan Ramadhan adlh shalat tarawih yg tiap tahunnya selalu terjadi polemik tentang shalat tarawih berkenaan dgn jumlah rakaatnya, antara pihak yg mengatakan shalat tarawih adlh 8 rakaat dgn pihak yg mengatakan bahwa shalat tarawih adlh 20 rakaat. Pada tulisan sebelumnya kami telah memaparkan dalil tentang jumlah rakaat taraweh. Kali ni kami akan mengutip fatwa Syeikh Ali Jumah (mantan mufti Mesir dan merupakan seorang ulama besar zaman ini, lahir tahun 1952) tentang jumlah rakaat shalat teraweh dari kitab beliau al-Bayan li ma Yasyghulu al-azhan jilid 1 tepatnya pd pertanyaan ke 62 pd halaman 186 - 190. Kami mengutip tiap paragraf dgn di iringi terjemahannya.
Berikut penjelasan Syeikh Ali Jumah beserta terjemahannya:
س 62 يختلف الناس فى شهر رمضان المبارك بشأن مسألة صلاة التراوح فما هو الحكم الصحيح فى عدد ركعاتها ؟
soal ke 62:
Manusia berselisih paham dlm bulan Ramadhan yg penuh barakah tentang shalat tarawih, berapa sebenarnya pendapat yg shahih tentang jumlah rakaatnya?

الجواب
نعيش النزاع السنوى فى شهر رمضان المبارك بين المتشددين الذين يريدون حمل الناس على مذهبهم والعوام الذين لا يجدوا من ينقذهم من هؤلاء . وسبب هذا الخلاف مسألة عدد ركعات صلاة التراويح فاصحاب الصوت العالى يخطئون الأئمة والامة بأسرها على مدى القرون الماضية وينكرون عليهم ايما انكار ويتهمونهم بالإبتداع ويحرمون ما أحل الله إذ قالوا لا يجوز الزيادة عن ثمان ركعات فى صلاة التراويح
jawab:
Kita menghidupkan perdebatan tahunan dlm bulan Ramdhan antara golongan garis keras yg berencana menarik manusia ke dlm mazhab mereka dan masyarakat awam yg tak menemukan penolong dari (kesesatan) mereka. Sebab perbedaan ni adlh masalah jumlah rakaat shalat tarawih. Golongan yg bersuara tinggi (radikal) menyalahkan para ulama (ulama empat mazhab) dan sekalian umat sepanjang masa yg telah lalu. Mereka mengingkari para ulama dgn pengingkaran yg kuat dan menuduh mereka sebagai ahli bid’ah, mereka telah mengharamkan apa yg Allah halalkan ketika mereka berkata tak boleh shalat lebih dari delapan rakaat pd shalat teraweh.
والتراويح فى اللغة جمع الترويحة يقول ابن منظور الترويحة فى شهر رمضان سميت بذلك لاستراحة القوم بعد كل أربع ركعات وفي الحديث صلاة التراويح لأنهم كانوا يستريحون بين كل تسليمتين والتراويح جمع ترويحة وهي المرة الواحدة من الراحة تفعيلة منها مثل تسليمة من السلام
Tarawih pd loghat adlh jamak dari tarwihah . Ibnu Manzur berkata Tarwihah dlm bulan Ramdhan, di namakan dgn demikian (tarawih) karena para jamaah beristirahat setelah tiap empat rakaat. Dalam hadits : shalat tarawih, karena mereka beristirahat di antara tiap dua salam, kata tarawih adlh jamak tarwihah. Tarwihah merupakan satu kali istirahat, wazan taf’ilah dari kalimat raahah, sama dgn taslimah dari kata salaam.
وبمجرد التعريف اللغوى يتبين أن صلاة التراويح أكثر من ثمان ركعات لأن الترويحة الواحدة بعد أربع ركعات فلو كانت ترويحتين للزم أن يكون عدد الركعات إثنى عشر ركعة والحق أن الأمة أجمعت على أن صلاة التراويح عشرون ركعة من غير وتر وثلاث عشرون ركعة بالوتر وهو معتمد المذهب الفقهية الأربعة الحنفية والمالكية فى المشهور والشافعية والحنابلة . وهناك قول نقل عن المالكية خلاف المشهور انها ست وثلاثون ركعة ولم تعرف الأمة القول بأن صلاة التراويح ثمان ركعات إلا فى هذا الزمان. وسبب وقوعهم فى تلك المخالفة افهم الخظأ للسنة النبوية وعد قدرتهم على الجمع بين الأحاديث وعد إلتفات إلى الإجماع القولى والفعلى من لدن الصحابة إلى يومنا هذا فاستشهدوا بحديث عائشة رضي الله عنها حيث قال ما كان رسول الله صلى الله عليه Ùˆ سلم يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعة يصلي أربعا فلا تسل عن حسنهن وطولهنن ثم يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثا فقالت عائشة فقلت يا رسول الله أتنام قبل أن توتر ؟ فقال يا عائشة إن عيني تنامان ولا ينام قلبي
Dengan semata-mata defenisi secara harfiyah nyatalah bahwa shalat tarawih jumlah rakaatnya melebihi delapan rakaat, karena sekali istirahat adlh setelah empat rakaat, maka jikalau shalat tarawih itu dua kali istirahat maka maka lazimlah bahwa jumlah rakaat shalat tarawih adlh dua belas rakaat, sedangkan yg haq bahwa para umat (ulama) telah sepakat (ijmak) bahwa shalat terawih adlh dua puluh rakaat tanpa witir dan dua puluh tiga dgn witir. Ini merupakan pegangan empat Mazhab Fiqih; Mazhab Hanafi, Mazhab Maliky, Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hanbali. Selain itu ada pendapat yg di naqal dari ulama Mazhab Maliky berebeda dgn yg masyhur bahwa jumlah rakaat tarawih adlh tiga puluh enam rakaat. Umat Islam tak mengenal pendapat bahwa shalat terawih delapan rakaat kecuali pd zaman ini. Penyebab mereka bisa terjatuh dlm perbedaan tersebut adlh karena kesalahan dlm memahami sunah Nabi, dan tak mampu mengkompromikan hadits-hadits dan tak melihat kepada ijmak qauly, ijmak fi’ly semenjak masa para shahabat hingga hari ini. sehingga mereka mengambil dalil dari hadits Siti Aisyah : Tidaklah Rasulullah SAW melebihkan shalat dlm bulan Ramadhan dan selainnya dari sebelas rakaat, beliau shalat empat rakaat, maka jangan kamu tanyakan kebagusan dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat rakaat maka jangan kamu tanyakan kebagusan dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga rakaat. Siti Aisyah berkata Ya Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum melakukan shalat witir, beliau menjawab, Ya Aisyah, sesungguhnya mata saya tidur tapi hati saya tak tidur:
هذا الحديث يحكى عن هدى النبى صلى الله عليه وسلم فى نافلة قيام الليل عموما ولم يتعرض إلى صلاة التراويح إذ هى قيام مخصوص بشهر رمضان وهى سنة نبوية فى أصلها عمرية فى كيفيتها بمعنى أن الأمة صارت على ما سنه سيدنا عمر رضي الله عنه من تجميع الناس على القيام فى رمضان فى جميع الليالى وعلى عدد الركعات التى جمع الناس عليها على ابى بن كعب رضي الله عنه والنبي يقول عليكم بسنى وسنة الخقاء الراشدين المهدين عضوا عليها بالنواجذ
Hadits ni menceritakan petunjuk Nabi SAW tentang shalat malam secara umum, dan beliau tak menunjuki kepada shalat tarawih, karena shalat tarawih adlh shalat malam yg khusus di bulan Ramadhan, shalat tarawih adlh sunnah Nabawiyah pd landasan dasarnya yg landasan kaifiyatnya adlh hadits Saidina Umar, maksudnya; umat berpendapat sebagaimana sunnah Saidina Umar ra berupa menghimpunkan manusia dlm mendirikan Ramadhan di malam hari dan dgn jumlah rakaat yg beliau perintahkan ketika menghimpunkan manusia dgn (imam Shalat) Ubai bin Ka’ab, sedangkan Nabi bersabda peganglah sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yg terpetunjuk, gigitlah sunnah mereka dgn geraham.
إن لم يكن مستند الأمة فعل سيدنا عمر رصي الله عنه فلم تؤدى التراويح فى جماعة فى المسجد على إمام واحد وكأن هؤلاء يأخذون من سنة سيدنا عمر جمع الناس على إمام طوال الشهر وهو ما لم يفعله النبي ويتركون عدد ركعات ويزعمون أنهم يطبقون سنة صلى الله عليه وسلم فان كان هذا صحيحا وأنتم لا تلتفتون لفعل سيدنا عمر رضي الله عنه فيجب عليكم أت تصلوا التراويح فى البيت وتتركوا الناس يطبقون دين الله كما ورثواه ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
Jika bukan sandaran umat adlh perbuatan Saidina Umar maka kenapa shalat taraweh di kerjakan secara berjamaah dgn satu imam. Mereka (kaum pengingkar jumlah shalat taraweh 20 rakaat) mengambil sunnah Saidina Umar yg mengumpulkan manusia dlm satu Imam sepanjang bulan, padahal hal ni tak pernah di kerjakan oleh Nabi SAW, dan mereka meninggalkan jumlah rakaat (yang di kerjakan Saidina Umar) dan mereka mendakwakan diri mereka yg sesuai dgn sunnah Nabi SAW, maka jika ni benar, dan kamu tak mau melihat kepada perbuatan Saidina Umar maka wajiblah atas kamu untk shalat taraweh di dlm rumah dan meninggalkan manusia yg sesuai dgn agama Allah sebagaimana mereka warisi. La haula wala quwwata illa billah al-’adhiim.
والادلة على أن ذلك فعل عمر رضي الله عنه ما رواه عبد الرحمن بن عبد القارى أنه قال خرجت مع عمر بن خطاب رضي الله عنه ليلة فى رمضان إلى المسجد فإذا الناس أوزاع متفرقون يصلى الرجل لنفسه ويصلى الرجل فيصلى بصلاته الرهط فقال عمر إني أرى لو جمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان أمثل ثم عزم فجمعهم على أبي بن كعب قال ثم خرجت معه ليلة ً أخرى والناس يصلون بصلاة قارئهم فقال عمر بن الخطاب نعمت البدعة هذه والتي تنامون عنها أفضل من التي تقومون يريد آخر الليل وكان الناس يقومون أوله
Dalil bahwa hal tersebut adlh perbuatan Saidina Umar adlh hadits yg di riwayatkan oleh Abdur Rahman bin Abdul Qary, beliau berkata saya keluar bersama Umar bin Khatab pd satu malam dlm bulan Ramadhan ke mesjid, ketika itu manusia berada dlm beberapa kelompok yg terpisah-pisah, seseorang shalat untk dirinya sendiri, dan seseorang (yang lain juga) shalat, kemudian shalat dgn shalatnya satu kelompok (mengikutinya sebagai imam). Maka Saidina Umar berkata saya berpendapat jikalau mereka di satukan dlm saru qari (imam) sungguh akan lebih baik. Kemudian beliau bersungguh-sungguh dan menghimpunkan mereka atas (imam) Ubay bin Ka’ab, kemudian saya keluar pd malam yg lain, sedangkan manusia shalat dgn satu qari (imam) mereka. Saidina Umar berkata sebaik-baik bid’ah adlh ini, shalat yg mereka tidur darinya lebih baik dari (shalat) yg mereka dirikan, maksud beliau adlh (shalat yg di kerjakan) pd akhir malam, sedangkan manusia mengerjakannya pd awal malam.
وأن تلك الصلاة التى جمع عمر رضي الله عنه الناس عليها هى التراويح وهى عشرون ركعة دل على ذلك عدة أحاديث منها ما رواه السائب بن يزيد رضي الله عنه حيث قال كانوا يقومون على عهد عمر بن الخطاب رضى الله عنه فى شهر رمضان بعشرين ركعة - قال - وكانوا يقرءون بالمئين ، وكانوا يتوكئون على عصيهم فى عهد عثمان بن عفان رضى الله عنه من شدة القيام
Dan sesungguhnya shalat yg oleh Saidina Umar satukan manusia atas seorang Imam adlh shalat tarawih yaitu dua puluh rakaat, sebagaimana di tunjuki oleh beberapa hadits, antara lain; hadits riwayat Saib bin Yazid beliau berkata mereka mendirikan shalat pd masa Saidina Umar dlm bulan Ramadhan dgn dua puluh rakaat. Beliau berkata mereka membaca dua ratus (ayat) dan bertekan kepada tongkat mereka pd masa Saidina Usman karena beratnya berdiri (karena panjang bacaannya
وعن يزيد بن رومان قال كان الناس يقومون فى زمان عمر بن الخطاب فى رمضان بثلاث وعشرين ركعة
Diriwayatkan dari Yazid bin Ruman beliau berkata adlh manusia mendirikan shalat pd masa Saidina Umar bin Khatab pd bulan Ramadhan dgn dua puluh tiga rakaat.
واتفقت المذاهب الفقهية الاربعة على ذلك فذهب الحنفية إلى ذلك قال السرخسى عن التراويح انها عشرون ركعة سوى الوترعندنا وقال مالك رحمه الله تعالى السنة فيها ستة وثلاثون . وذكر الكسانى ما يؤكد ذلك حيث قال وأما قدرها فعشرون ركعة في عشر تسليمات، في خمس ترويحات كل تسليمتين ترويحة وهذا قول عامة العلماء
Mazhab yg empat sepakat atas demikian (dua puluh rakaat). Mazhab Hanafi berpendapat demikian. Imam Sarkhasy berkata tentang shalat taraweh, shalat taraweh adlh dua puluh rakaat selain witir dlm mazhab kita (Mazhab Hanafi), Imam Malik berkata yg sunnah dlm bulan Ramadhan adlh tiga puluh enam rakaat, al-Kasa`i (ulama Mazhab Hanafi) menyebutkan hal yg menguatkan hal demikian. Beliau berkata adapun kadar (rakaat)nya adlh dua puluh rakaat dgn sepuluh kali salam dlm lima kali istirahat. tiap dua kali salam satu kali istirahat, ni adlh pendapat umum ulama.
ويعضد ضلك ما نقله العلامة ابن عابدين فى حاشيته حيث قال قوله ( وهي عشرون ركعة ) هو قول الجمهور وعليه عمل الناس شرقا وغربا
Hal tersebut di kuatkan dgn kutipan Imam Ibnu Abidin dlm kita Hasyiah beliau, beliau berkata shalat taraweh adlh dua puluh rakaat, ni adlh pendapat mayoritas ulama, dan yg di amalkan manusia (umat Islam) di Timur dan Barat.
وأما المالكية فالمشهور من مذهبهم ما يوافق الجمهور قال العلامة الدردير ( والتراويح ) برمضان ( وهي عشرون ركعة ) بعد صلاة العشاء يسلم من كل ركعتين غير الشفع والوتر ( Ùˆ ) ندب ( الختم فيها ) أي التراويح ، بأن يقرأ كل ليلة جزءا يفرقه على العشرين ركعة
Adapun Mazhab Maliki, yg masyhur dlm mazhab mereka adlh sesuai dgn pendapat mayoritas ulama. Imam ad-Dardiry berkata Shalat taraweh di bulan Ramadhan adlh dua puluh rakaat setelah shalat Isya, memberi salam dari tiap dua rakaat selain yg ganjil dan witir. dan di sunahkan menkhatamkan al-quran dlm shalat taraweh, dgn cara membaca al-quran tiap malam satu juz yg di bagi dlm dua puluh rakaat.
وذكر العلامة النفراوى قوة مذهب الجمهور وموافقة أتباع مالك له والقول الآخر لمالك فقال (وكان السلف الصالح) وهم الصحابة رضي الله تعالى عنهم (يقومون فيه) في زمن خلافة عمر بن الخطاب رضي الله عنه وبأمره كما تقدم (في المساجد بعشرين ركعة) وهو اختيار أبي حنيفة والشافعي وأحمد، والعمل عليه الآن في سائر الأمصار. (ثم) بعد صلاة العشرين (يوترون بثلاث) من باب تغليب الأشرف لا أن الثلاث وتر؛ لأن الوتر ركعة واحدة كما مر، ويدل على ذلك قوله: (ويفصلون بين الشفع والوتر بسلام) استحبابا ويكره الوصل إلا لاقتداء بواصل، وقال أبو حنيفة: لا يفصل بينهما، وخير الشافعي بين الفصل والوصل، واستمر عمل الناس على الثلاثة والعشرين شرقا وغربا. (ثم) بعد وقعة الحرة بالمدينة (صلوا) أي السلف غير الذين تقدموا؛ لأن المراد بهم هنا من كان في زمن عمر بن عبد العزيز (بعد ذلك) العدد الذي كان في زمن عمر بن الخطاب (ستا وثلاثين ركعة غير الشفع والوتر) ... - إلى أن قال - وهذا اختاره مالك في المدونة واستحسنه وعليه عمل أهÙ

source : http://viva.co.id, http://instagram.com



0 Response to "[Ustadz Bodoh] Penjelasan Syeikh Ali Jum’ah Terkait Jumlah Rakaat Shalat Tarawih"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *