kopas99.blogspot.com - Penjelasan Syeikh Ali Jum’ah Terkait Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Salah satu ibadah yg di tuntut dlm bulan Ramadhan adlh shalat tarawih yg tiap tahunnya selalu terjadi polemik tentang shalat tarawih berkenaan dgn jumlah rakaatnya, antara pihak yg mengatakan shalat tarawih adlh 8 rakaat dgn pihak yg mengatakan bahwa shalat tarawih adlh 20 rakaat. Pada tulisan sebelumnya kami telah memaparkan dalil tentang jumlah rakaat taraweh. Kali ni kami akan mengutip fatwa Syeikh Ali Jumah (mantan mufti Mesir dan merupakan seorang ulama besar zaman ini, lahir tahun 1952) tentang jumlah rakaat shalat teraweh dari kitab beliau al-Bayan li ma Yasyghulu al-azhan jilid 1 tepatnya pd pertanyaan ke 62 pd halaman 186 - 190. Kami mengutip tiap paragraf dgn di iringi terjemahannya.
Berikut penjelasan Syeikh Ali Jumah beserta terjemahannya:
س 62 يختل٠الناس ÙÙ‰ شهر رمضان المبارك بشأن مسألة صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆØ Ùما هو الØكم الصØÙŠØ ÙÙ‰ عدد ركعاتها ؟
soal ke 62:
Manusia berselisih paham dlm bulan Ramadhan yg penuh barakah tentang shalat tarawih, berapa sebenarnya pendapat yg shahih tentang jumlah rakaatnya?
الجواب
نعيش النزاع السنوى ÙÙ‰ شهر رمضان المبارك بين المتشددين الذين يريدون Øمل الناس على مذهبهم والعوام الذين لا يجدوا من ينقذهم من هؤلاء . وسبب هذا الخلا٠مسألة عدد ركعات صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ÙاصØاب الصوت العالى يخطئون الأئمة والامة بأسرها على مدى القرون الماضية وينكرون عليهم ايما انكار ويتهمونهم بالإبتداع ويØرمون ما Ø£ØÙ„ الله إذ قالوا لا يجوز الزيادة عن ثمان ركعات ÙÙ‰ صلاة التراويØ
jawab:
Kita menghidupkan perdebatan tahunan dlm bulan Ramdhan antara golongan garis keras yg berencana menarik manusia ke dlm mazhab mereka dan masyarakat awam yg tak menemukan penolong dari (kesesatan) mereka. Sebab perbedaan ni adlh masalah jumlah rakaat shalat tarawih. Golongan yg bersuara tinggi (radikal) menyalahkan para ulama (ulama empat mazhab) dan sekalian umat sepanjang masa yg telah lalu. Mereka mengingkari para ulama dgn pengingkaran yg kuat dan menuduh mereka sebagai ahli bid’ah, mereka telah mengharamkan apa yg Allah halalkan ketika mereka berkata tak boleh shalat lebih dari delapan rakaat pd shalat teraweh.
ÙˆØ§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ÙÙ‰ اللغة جمع الترويØØ© يقول ابن منظور الترويØØ© ÙÙ‰ شهر رمضان سميت بذلك لاستراØØ© القوم بعد كل أربع ركعات ÙˆÙÙŠ الØديث صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ù„Ø£Ù†Ù‡Ù… كانوا يستريØون بين كل تسليمتين ÙˆØ§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ø¬Ù…Ø¹ ترويØØ© وهي المرة الواØدة من الراØØ© تÙعيلة منها مثل تسليمة من السلام
Tarawih pd loghat adlh jamak dari tarwihah . Ibnu Manzur berkata Tarwihah dlm bulan Ramdhan, di namakan dgn demikian (tarawih) karena para jamaah beristirahat setelah tiap empat rakaat. Dalam hadits : shalat tarawih, karena mereka beristirahat di antara tiap dua salam, kata tarawih adlh jamak tarwihah. Tarwihah merupakan satu kali istirahat, wazan taf’ilah dari kalimat raahah, sama dgn taslimah dari kata salaam.
وبمجرد التعري٠اللغوى يتبين أن صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ø£ÙƒØ«Ø± من ثمان ركعات لأن الترويØØ© الواØدة بعد أربع ركعات Ùلو كانت ترويØتين للزم أن يكون عدد الركعات إثنى عشر ركعة والØÙ‚ أن الأمة أجمعت على أن صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ø¹Ø´Ø±ÙˆÙ† ركعة من غير وتر وثلاث عشرون ركعة بالوتر وهو معتمد المذهب الÙقهية الأربعة الØÙ†Ùية والمالكية ÙÙ‰ المشهور والشاÙعية والØنابلة . وهناك قول نقل عن المالكية خلا٠المشهور انها ست وثلاثون ركعة ولم تعر٠الأمة القول بأن صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ø«Ù…Ø§Ù† ركعات إلا ÙÙ‰ هذا الزمان. وسبب وقوعهم ÙÙ‰ تلك المخالÙØ© اÙهم الخظأ للسنة النبوية وعد قدرتهم على الجمع بين الأØاديث وعد إلتÙات إلى الإجماع القولى والÙعلى من لدن الصØابة إلى يومنا هذا Ùاستشهدوا بØديث عائشة رضي الله عنها Øيث قال ما كان رسول الله صلى الله عليه Ùˆ سلم يزيد ÙÙŠ رمضان ولا ÙÙŠ غيره على Ø¥Øدى عشرة ركعة يصلي أربعا Ùلا تسل عن Øسنهن وطولهنن ثم يصلي أربعا Ùلا تسأل عن Øسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثا Ùقالت عائشة Ùقلت يا رسول الله أتنام قبل أن توتر ؟ Ùقال يا عائشة إن عيني تنامان ولا ينام قلبي
Dengan semata-mata defenisi secara harfiyah nyatalah bahwa shalat tarawih jumlah rakaatnya melebihi delapan rakaat, karena sekali istirahat adlh setelah empat rakaat, maka jikalau shalat tarawih itu dua kali istirahat maka maka lazimlah bahwa jumlah rakaat shalat tarawih adlh dua belas rakaat, sedangkan yg haq bahwa para umat (ulama) telah sepakat (ijmak) bahwa shalat terawih adlh dua puluh rakaat tanpa witir dan dua puluh tiga dgn witir. Ini merupakan pegangan empat Mazhab Fiqih; Mazhab Hanafi, Mazhab Maliky, Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hanbali. Selain itu ada pendapat yg di naqal dari ulama Mazhab Maliky berebeda dgn yg masyhur bahwa jumlah rakaat tarawih adlh tiga puluh enam rakaat. Umat Islam tak mengenal pendapat bahwa shalat terawih delapan rakaat kecuali pd zaman ini. Penyebab mereka bisa terjatuh dlm perbedaan tersebut adlh karena kesalahan dlm memahami sunah Nabi, dan tak mampu mengkompromikan hadits-hadits dan tak melihat kepada ijmak qauly, ijmak fi’ly semenjak masa para shahabat hingga hari ini. sehingga mereka mengambil dalil dari hadits Siti Aisyah : Tidaklah Rasulullah SAW melebihkan shalat dlm bulan Ramadhan dan selainnya dari sebelas rakaat, beliau shalat empat rakaat, maka jangan kamu tanyakan kebagusan dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat rakaat maka jangan kamu tanyakan kebagusan dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga rakaat. Siti Aisyah berkata Ya Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum melakukan shalat witir, beliau menjawab, Ya Aisyah, sesungguhnya mata saya tidur tapi hati saya tak tidur:
هذا الØديث ÙŠØكى عن هدى النبى صلى الله عليه وسلم ÙÙ‰ ناÙلة قيام الليل عموما ولم يتعرض إلى صلاة Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ø¥Ø° هى قيام مخصوص بشهر رمضان وهى سنة نبوية ÙÙ‰ أصلها عمرية ÙÙ‰ كيÙيتها بمعنى أن الأمة صارت على ما سنه سيدنا عمر رضي الله عنه من تجميع الناس على القيام ÙÙ‰ رمضان ÙÙ‰ جميع الليالى وعلى عدد الركعات التى جمع الناس عليها على ابى بن كعب رضي الله عنه والنبي يقول عليكم بسنى وسنة الخقاء الراشدين المهدين عضوا عليها بالنواجذ
Hadits ni menceritakan petunjuk Nabi SAW tentang shalat malam secara umum, dan beliau tak menunjuki kepada shalat tarawih, karena shalat tarawih adlh shalat malam yg khusus di bulan Ramadhan, shalat tarawih adlh sunnah Nabawiyah pd landasan dasarnya yg landasan kaifiyatnya adlh hadits Saidina Umar, maksudnya; umat berpendapat sebagaimana sunnah Saidina Umar ra berupa menghimpunkan manusia dlm mendirikan Ramadhan di malam hari dan dgn jumlah rakaat yg beliau perintahkan ketika menghimpunkan manusia dgn (imam Shalat) Ubai bin Ka’ab, sedangkan Nabi bersabda peganglah sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yg terpetunjuk, gigitlah sunnah mereka dgn geraham.
إن لم يكن مستند الأمة Ùعل سيدنا عمر رصي الله عنه Ùلم تؤدى Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ÙÙ‰ جماعة ÙÙ‰ المسجد على إمام واØد وكأن هؤلاء يأخذون من سنة سيدنا عمر جمع الناس على إمام طوال الشهر وهو ما لم ÙŠÙعله النبي ويتركون عدد ركعات ويزعمون أنهم يطبقون سنة صلى الله عليه وسلم Ùان كان هذا صØÙŠØا وأنتم لا تلتÙتون Ù„Ùعل سيدنا عمر رضي الله عنه Ùيجب عليكم أت تصلوا Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ÙÙ‰ البيت وتتركوا الناس يطبقون دين الله كما ورثواه ولا Øول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
Jika bukan sandaran umat adlh perbuatan Saidina Umar maka kenapa shalat taraweh di kerjakan secara berjamaah dgn satu imam. Mereka (kaum pengingkar jumlah shalat taraweh 20 rakaat) mengambil sunnah Saidina Umar yg mengumpulkan manusia dlm satu Imam sepanjang bulan, padahal hal ni tak pernah di kerjakan oleh Nabi SAW, dan mereka meninggalkan jumlah rakaat (yang di kerjakan Saidina Umar) dan mereka mendakwakan diri mereka yg sesuai dgn sunnah Nabi SAW, maka jika ni benar, dan kamu tak mau melihat kepada perbuatan Saidina Umar maka wajiblah atas kamu untk shalat taraweh di dlm rumah dan meninggalkan manusia yg sesuai dgn agama Allah sebagaimana mereka warisi. La haula wala quwwata illa billah al-’adhiim.
والادلة على أن ذلك Ùعل عمر رضي الله عنه ما رواه عبد الرØمن بن عبد القارى أنه قال خرجت مع عمر بن خطاب رضي الله عنه ليلة ÙÙ‰ رمضان إلى المسجد Ùإذا الناس أوزاع متÙرقون يصلى الرجل لنÙسه ويصلى الرجل Ùيصلى بصلاته الرهط Ùقال عمر إني أرى لو جمعت هؤلاء على قارئ واØد لكان أمثل ثم عزم Ùجمعهم على أبي بن كعب قال ثم خرجت معه ليلة ً أخرى والناس يصلون بصلاة قارئهم Ùقال عمر بن الخطاب نعمت البدعة هذه والتي تنامون عنها Ø£Ùضل من التي تقومون يريد آخر الليل وكان الناس يقومون أوله
Dalil bahwa hal tersebut adlh perbuatan Saidina Umar adlh hadits yg di riwayatkan oleh Abdur Rahman bin Abdul Qary, beliau berkata saya keluar bersama Umar bin Khatab pd satu malam dlm bulan Ramadhan ke mesjid, ketika itu manusia berada dlm beberapa kelompok yg terpisah-pisah, seseorang shalat untk dirinya sendiri, dan seseorang (yang lain juga) shalat, kemudian shalat dgn shalatnya satu kelompok (mengikutinya sebagai imam). Maka Saidina Umar berkata saya berpendapat jikalau mereka di satukan dlm saru qari (imam) sungguh akan lebih baik. Kemudian beliau bersungguh-sungguh dan menghimpunkan mereka atas (imam) Ubay bin Ka’ab, kemudian saya keluar pd malam yg lain, sedangkan manusia shalat dgn satu qari (imam) mereka. Saidina Umar berkata sebaik-baik bid’ah adlh ini, shalat yg mereka tidur darinya lebih baik dari (shalat) yg mereka dirikan, maksud beliau adlh (shalat yg di kerjakan) pd akhir malam, sedangkan manusia mengerjakannya pd awal malam.
وأن تلك الصلاة التى جمع عمر رضي الله عنه الناس عليها هى Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ÙˆÙ‡Ù‰ عشرون ركعة دل على ذلك عدة Ø£Øاديث منها ما رواه السائب بن يزيد رضي الله عنه Øيث قال كانوا يقومون على عهد عمر بن الخطاب رضى الله عنه ÙÙ‰ شهر رمضان بعشرين ركعة - قال - وكانوا يقرءون بالمئين ، وكانوا يتوكئون على عصيهم ÙÙ‰ عهد عثمان بن عÙان رضى الله عنه من شدة القيام
Dan sesungguhnya shalat yg oleh Saidina Umar satukan manusia atas seorang Imam adlh shalat tarawih yaitu dua puluh rakaat, sebagaimana di tunjuki oleh beberapa hadits, antara lain; hadits riwayat Saib bin Yazid beliau berkata mereka mendirikan shalat pd masa Saidina Umar dlm bulan Ramadhan dgn dua puluh rakaat. Beliau berkata mereka membaca dua ratus (ayat) dan bertekan kepada tongkat mereka pd masa Saidina Usman karena beratnya berdiri (karena panjang bacaannya
وعن يزيد بن رومان قال كان الناس يقومون ÙÙ‰ زمان عمر بن الخطاب ÙÙ‰ رمضان بثلاث وعشرين ركعة
Diriwayatkan dari Yazid bin Ruman beliau berkata adlh manusia mendirikan shalat pd masa Saidina Umar bin Khatab pd bulan Ramadhan dgn dua puluh tiga rakaat.
واتÙقت المذاهب الÙقهية الاربعة على ذلك Ùذهب الØÙ†Ùية إلى ذلك قال السرخسى عن Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ Ø§Ù†Ù‡Ø§ عشرون ركعة سوى الوترعندنا وقال مالك رØمه الله تعالى السنة Ùيها ستة وثلاثون . وذكر الكسانى ما يؤكد ذلك Øيث قال وأما قدرها Ùعشرون ركعة ÙÙŠ عشر تسليمات، ÙÙŠ خمس ترويØات كل تسليمتين ترويØØ© وهذا قول عامة العلماء
Mazhab yg empat sepakat atas demikian (dua puluh rakaat). Mazhab Hanafi berpendapat demikian. Imam Sarkhasy berkata tentang shalat taraweh, shalat taraweh adlh dua puluh rakaat selain witir dlm mazhab kita (Mazhab Hanafi), Imam Malik berkata yg sunnah dlm bulan Ramadhan adlh tiga puluh enam rakaat, al-Kasa`i (ulama Mazhab Hanafi) menyebutkan hal yg menguatkan hal demikian. Beliau berkata adapun kadar (rakaat)nya adlh dua puluh rakaat dgn sepuluh kali salam dlm lima kali istirahat. tiap dua kali salam satu kali istirahat, ni adlh pendapat umum ulama.
ويعضد ضلك ما نقله العلامة ابن عابدين ÙÙ‰ Øاشيته Øيث قال قوله ( وهي عشرون ركعة ) هو قول الجمهور وعليه عمل الناس شرقا وغربا
Hal tersebut di kuatkan dgn kutipan Imam Ibnu Abidin dlm kita Hasyiah beliau, beliau berkata shalat taraweh adlh dua puluh rakaat, ni adlh pendapat mayoritas ulama, dan yg di amalkan manusia (umat Islam) di Timur dan Barat.
وأما المالكية Ùالمشهور من مذهبهم ما يواÙÙ‚ الجمهور قال العلامة الدردير ( ÙˆØ§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ) برمضان ( وهي عشرون ركعة ) بعد صلاة العشاء يسلم من كل ركعتين غير الشÙع والوتر ( Ùˆ ) ندب ( الختم Ùيها ) أي Ø§Ù„ØªØ±Ø§ÙˆÙŠØ ، بأن يقرأ كل ليلة جزءا ÙŠÙرقه على العشرين ركعة
Adapun Mazhab Maliki, yg masyhur dlm mazhab mereka adlh sesuai dgn pendapat mayoritas ulama. Imam ad-Dardiry berkata Shalat taraweh di bulan Ramadhan adlh dua puluh rakaat setelah shalat Isya, memberi salam dari tiap dua rakaat selain yg ganjil dan witir. dan di sunahkan menkhatamkan al-quran dlm shalat taraweh, dgn cara membaca al-quran tiap malam satu juz yg di bagi dlm dua puluh rakaat.
وذكر العلامة النÙراوى قوة مذهب الجمهور ومواÙقة أتباع مالك له والقول الآخر لمالك Ùقال (وكان السل٠الصالØ) وهم الصØابة رضي الله تعالى عنهم (يقومون Ùيه) ÙÙŠ زمن خلاÙØ© عمر بن الخطاب رضي الله عنه وبأمره كما تقدم (ÙÙŠ المساجد بعشرين ركعة) وهو اختيار أبي ØنيÙØ© والشاÙعي وأØمد، والعمل عليه الآن ÙÙŠ سائر الأمصار. (ثم) بعد صلاة العشرين (يوترون بثلاث) من باب تغليب الأشر٠لا أن الثلاث وتر؛ لأن الوتر ركعة واØدة كما مر، ويدل على ذلك قوله: (ويÙصلون بين الشÙع والوتر بسلام) استØبابا ويكره الوصل إلا لاقتداء بواصل، وقال أبو ØنيÙØ©: لا ÙŠÙصل بينهما، وخير الشاÙعي بين الÙصل والوصل، واستمر عمل الناس على الثلاثة والعشرين شرقا وغربا. (ثم) بعد وقعة الØرة بالمدينة (صلوا) أي السل٠غير الذين تقدموا؛ لأن المراد بهم هنا من كان ÙÙŠ زمن عمر بن عبد العزيز (بعد ذلك) العدد الذي كان ÙÙŠ زمن عمر بن الخطاب (ستا وثلاثين ركعة غير الشÙع والوتر) ... - إلى أن قال - وهذا اختاره مالك ÙÙŠ المدونة واستØسنه وعليه عمل أهÙ
source : http://viva.co.id, http://instagram.com
0 Response to "[Ustadz Bodoh] Penjelasan Syeikh Ali Jum’ah Terkait Jumlah Rakaat Shalat Tarawih"
Posting Komentar