This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Dessert] Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
kopas99.blogspot.com - Sejak saya posting tentang dilema hendak membeli apartemen beberapa waktu yg lalu, maka banyak teman-teman pembaca yg memberikan komentar baik di blog, Facebook maupun email. Isinya beragam mulai dari dukungan, sharing pengalaman pribadi, info, dan kata-kata motivasi yg membuat saya tersenyum sekaligus terharu kala membacanya. Reaksi pertama adlh betapa bersyukurnya saya memiliki pembaca yg begitu baik hati, walau tak pernah bertemu dan hanya dihubungkan dgn sebuah blog melalui kolom komentar tapi seakan-akan kita telah memiliki ikatan persahabatan yg kuat yg telah terjalin bertahun-tahun lamanya.

Reaksi kedua adlh saya menjadi lebih tenang dan lebih adem menjalani hari-hari kedepan dgn pilihan yg sudah didepan mata. Keputusan telah dibuat, saya akan memilih apartemen dua kamar yg walau kecil tapi tak perlu dibeli dgn hutang. Tanpa beban hutang tentu saja hidup akan menjadi lebih nyaman, tenang dan mungkin saya bisa fokus menabung untk keperluan yg lebih besar lainnya di masa yg akan datang. Saya tahu, mungkin nanti di awal memerlukan waktu untk penyesuaian, tapi salah seorang pembaca mengatakan space rumah yang tiny sebenarnya memiliki banyak keunggulan. Selain mudah dibersihkan, irit cairan pembersih, jg membuat kita tak boros membeli perabot yg tak perlu. Mau diletakkan dimana? Thanks kepada teman-teman pembaca yg telah meluangkan waktu memberikan dorongan semangatnya. Sukses untk anda semua! ^_^

Resep Kwetiaw Sapi Lada HitamResep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Sekarang menuju ke masakan kwetiaw sapi lada hitam yg saya posting kali ini. Resepnya terinspirasi dari masakan serupa yg saya santap di kopitiam QQ saat berbuka puasa bersama teman saya, Sintya beberapa waktu yg lalu. Terus terang menu ni pertama kali saya pesan disana, sebelumnya saya lebih menyukai makanan ringan seperti pisang goreng dgn selai sarikaya, roti panggang / tahu isi pedas bersama secangkir teh tarik / jus kedondong yg segar. Tapi keputusan saya tak salah, kwetiaw-nya memiliki rasa yg mantap. Kopitiam QQ merupakan kafe yg nyaman, cozy dgn harga makanan yg cukup ringan di kantong sehingga kita bisa mengobrol sepuas-puasnya disana dgn tenang tanpa takut dompet menjadi jebol.

Kwetiaw sapi lada hitamnya sendiri hadir dlm hot plate tebal berwarna hitam berisikan kwetiaw dgn potongan yg lebar, jauh lebih lebar dari yg umum kita temukan di pasaran. Teksturnya kenyal tapi lembut dan disiram dgn kuah kental berwarna kecoklatan yg sangat lezat. Potongan dagingnya terasa empuk dgn porsi yg royal, seakan-akan harga daging sapi yg membumbung tinggi tak menjadi bebannya sama sekali.

Resep Kwetiaw Sapi Lada HitamResep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Walau lezat dan saya sangat menyukainya, tapi tetap saja membuatnya sendiri di rumah lebih murah meriah dan jauh memuaskan. Apalagi masakan sapi lada hitam bukanlah menu yg susah untk diwujudkan di rumah. Asalkan daging sapi yg digunakan jenis has dlm / tenderloin maka menumisnya sebentar telah mampu membuatnya empuk dgn cepat.

Saya tahu resep ni mungkin kurang bersahabat dgn situasi saat ni dimana para pedagang daging sapi di pasar sedang melakukan demo mogok selama beberapa hari karena harga daging yg kian naik. Berbeda dgn waktu-waktu sebelumnya dimana daging sapi naik menjelang Lebaran dan normal kembali ketika momen itu usai, maka yg terjadi saat ni harga daging justru semakin meroket bahkan hingga mencapai 140 ribu rupiah per kilogramnya. Teman saya, Ani, bahkan pd hari Minggu kemarin sempat memasang status kesal di Facebook gara-gara harga daging sapi ini. Tapi wajar saja jika dia 'sewot', salah satu menu yg diminta putranya saat ultahnya di hari Minggu kemarin adlh sate daging sapi dan tak ada satupun pedagang daging yg terlihat batang hidungnya di pasar hari itu. Akhirnya sebagian sate sapi pun berubah menjadi ayam pop. ^_^

Resep Kwetiaw Sapi Lada HitamResep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Tidak ada daging sapi tentu saja bukan berarti resep ni tak bisa dicoba di rumah, karena anda bisa menggantinya dgn ayam. Saya yakin dgn ayam masakan ni tetap terasa lezat. Gunakan fillet ayam / daging ayam tanpa tulang, iris tipis potongan daging dan rendam dgn bumbu marinade-nya. Hmm, jadi teringat dengan chicken blakupeppa-nya Hoka Hoka Bento yg maknyus. Sepertinya next time ingin saya mengeksekusinya jg ^_^

Untuk membuat sapi lada hitam, maka iris daging sapi setipis mungkin. Cara termudah adlh dgn memasukkan daging ke dalam freezer hingga setengah beku, kala teksturnya sedikit mengeras maka sebilah pisau tajam dgn mudah mengirisnya hingga tipis. Daging kemudian perlu direndam dgn bumbu marinade-nya selama 30 menit / hingga 1 jam. Tujuannya selain membuat bumbu lebih meresap jg membuat daging mudah empuk kala dimasak. Baru kemudian daging ditumis hingga empuk dan siap ditambahkan ke tumisan sayuran lainnya.

Resep Kwetiaw Sapi Lada HitamResep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Jenis sayuran yg umum digunakan untk masakan ni biasanya adlh paprika, dan bawang bombay. Walau tentu saja sayuran lain seperti baby buncis, dan irisan wortel sedap jg menjadi variasi lainnya. Tumis sayuran setengah matang saja, agar teksturnya tetap crunchy dan campurkan ke dlm tumisan daging sapi yg telah dimasak sebelumnya. Umumnya masakan sapi lada hitam tak berenang di dlm kuah, jika berkuahpun maka teskturnya 'nyemek-nyemek' alias kental. Tapi karena kita hendak menambahkan kwetiaw ke dlm tumisan daging maka kita perlu menambahkan cukup banyak air ke dlm masakan, kuah yg cukup merendam kwetiaw akan membuat rasanya menjadi lebih sedap.

Untuk kwetiaw-nya, saya menggunakan jenis kwetiaw kering yg banyak dijual di supermarket. Tentu saja kita jg bisa menggunakan kwetiaw segar yg banyak dijual di pasar. Jika menggunakan kwetiaw kering maka mie beras ni perlu direbus hingga benar- benar lunak sehingga teksturnya menjadi lembut. Kurang direbus membuat mie menjadi terasa sangat kenyal dan bumbu kurang mampu meresap ke helai mie.
Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Jika anda tertarik untk membuatnya maka saran saya rebus kwetiaw secukupnya saja, sesuai porsi yg anda inginkan. Sisa tumisan sapi lada hitam bisa disimpan di dlm wadah tertutup rapat di chiller kulkas hingga 3 hari lamanya. Masakan ni selain sedap menemani kwetiaw, mantao jg digunakan sebagai teman makan nasi / isian roti kukus seperti di postingan saya sebelumnya di Roti Kukus Isi, anda bisa melihat resepnya disini.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Resep Kwetiaw Sapi Lada HitamResel hasil modifikasi sendiri
Untuk 2 - 3 porsi

Tertarik dgn resep kwetiaw lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kwetiaw Kuah Ikan
Homemade Mie Beras dan Ayam Kuah Jahe
Kwetiaw Rebus Bakso Ikan

Bahan sapi lada hitam: - 250 gram daging sapi has dalam, iris setipis mungkin / jenis daging sapi lainnya / fillet daging ayam - 1/2 buah paprika merah, potong kotak 2 x 2 cm - 1/2 buah paprika hijau, potong kotak 2 x 2 cm
- 1 batang daun bawang potong sepanjang 2 cm
Bumbu perendam daging (marinade): - 1 cm jahe, parut / cincang halus - 4 siung bawang putih, cincang halus - 3 sendok makan kecap asin (soy sauce) - 1 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
Bumbu kuah:
- 2 sendok makan minyak goreng untk menumis
- 1 ruas jari jahe, iris tipis korek api
- 1 buah bawang bombay ukuran sedang, belah menjadi 4 / 8 bagian dan lepaskan antar lapisannya
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh gula palem bubuk / gula pasir
- 3 sendok makan kecap manis
- 400 ml air kaldu / air biasa
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk
- 1/2 sendok makan tepung maizena yg dilarutkan dgn 50 ml air untk pengental

Bahan lainnya:
- Sekitar 300 gram kwetiaw kering

Cara membuat:

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Siapkan daging, saya menggunakan has dlm (tenderloin), iris setipis mungkin. Cuci bersih, tiriskan dan masukkan ke dlm mangkuk. Tuangkan bumbu marinade ke dlm mangkuk berisi daging, aduk rata. Tutup mangkuk dan simpan di dlm chiller kulkas selama 1 jam.

Siapkan wajan, tuangkan daging yg telah direndam bumbu. Masak daging hingga empuk dan matang.

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Jika irisan daging sulit menjadi empuk, tambahkan air dan rebus daging hingga matang. Angkat dan sisihkan.

Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak. Panaskan hingga benar-benar panas, tumis jahe dan bawang bombay hingga bawang terlihat sedikit transparan dan layu. Masukkan paprika, dan daun bawang, aduk rata dan tumis selama 1 menit saja.

Tambahkan saus tiram, gula palem dan kecap manis, aduk dan tumis dlm beberapa detik saja agar saus tiram harum dan gula menjadi karamel.

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Tuangkan tumisan daging (beserta kuah dagingnya) ke dlm tumisan sayuran, aduk rata. Tambahkan air kaldu, aduk dan masak hingga mendidih. Tambahkan garam, merica dan larutan tepung maizena, aduk dan masak hingga mengental. Cicipi rasanya, matikan api kompor. Sisihkan.

Siapkan panci, beri air panas agak banyak. Masak hingga mendidih. Masukkan kwetiaw kering.

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Rebus mie hingga empuk dan lunak, angkat dan tiriskan.

Jika anda menggunakan kwetiaw basah maka siram kwetiaw dgn air panas saja dan mie siap digunakan.

Siapkan mangkuk, tata kwetiaw di dasar mangkuk secukupnya. Siram dgn tumisan dan kuah sapi lada hitam. Aduk rata dan santap selagi panas. Super yummy!

0 Response to "[Dessert] Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *